Asyik, Bayar Pajak Ranmor, Cukup lewat ATM

271
Ilustrasi

BALIKPAPAN – Masyarakat kini bisa membayar pajak tahunan kendaraan bermotor (Ranmor) melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Ini adalah inovasi pelayanan Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) untuk memudahkan wajib pajak (WP).

Pembayaran online tersebut, sementara bisa dilakukan di ATM BNI dan Bankaltim. “WP tinggal datang ke ATM, tak perlu ke kantor Samsat lagi,” terang Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Kombes Pol Arief Prapto, Kamis (12/1).

Pajak tahunan tersebut akan menjadi satu dengan biaya administrasi pengesahan STNK. WP tinggal datang ke ATM kemudian mengikuti langkah-langkah, dengan memilih awal, menu layanan umum kemudian pembayaran Samsat, (lihat grafis).

Setelah mendapatkan struk, tinggal datang ke kantor Samsat terdekat untuk cap pengesahan pada STNK. “Struk jangan sampai hilang,” tuturnya. Masyarakat ketika tidak sempat, bisa pula mendokumentasikan foto struk tersebut untuk arsip.

Sebab, khawatir tinta pada struk ATM pudar. “Kalau bisa segera dibawa ke Samsat sekalian STNK-nya,” kata mantan Kapolresta Samarinda ini.

Perwira melati tiga ini mencontohkan, ketika WP sedang berada di Jakarta, kemudian STNK-nya akan jatuh tempo, tinggal mencari ATM untuk membayar. Asalkan, STNK terdaftar di Kaltim dan Kaltara.

“Nanti saat kembali, baru disahkan dengan bawa struk atm,” urainya. Layanan E-Samsat tersebut, menurut Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin yang dikonfirmasi terpisah, guna meminimalisasi aktivitas pungutan liar.

“Selain itu, transaksi keuangan langsung melalui bank/atm. Ini jadi semakin mudah,” ujar Safaruddin yang sempat memantau pelayanan Samsat di Jalan Jenderal Sudirman, Markoni, Balikpapan. (aim/rsh/k18)

Tahapan Pembayaran Pajak Kendaraan Melalui ATM BNI dan Bankaltim:

  1. Melalui mesin ATM memilih menu layanan umum dan menu pembayaran Samsat serta memasukkan didahului kode wilayah (daftar kode wilayah ada pada menu ATM) lalu diikuti kode bayar 10 angka.

Contoh: KT 1234 ABC # 1234 A=01, B= 02, C=03