Terbentur Data Mutasi, Gaji PNS Telat

518
Ilustrasi

DAU Sudah Siap Tunggu Proses Administrasi

BONTANG – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bontang masih belum terima gaji bulan Januari 2017. Keterlambatan tersebut karena data mutasi masih belum final dan belum diserahkan semua ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah. Padahal Dana Alokasi Umum (DAU) untuk penggajian sudah tersedia.

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menyatakan, uang gaji bisa dicairkan jika sudah ada bendahara di masing-masing SKPD. Mengingat saat ini sudah terbentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, maka prosesnya masih menunggu administrasi.

“SK bendahara masing-masing SKPD baru ditandatangi, jika sudah ada SK bendahara, maka gaji pegawai di masing-masing OPD bisa dicairkan,” jelas Neni.

Kabid Bendahara Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Bontang, Moch Arif Rohman menyatakan para PNS memang belum gajian. Semestinya, tanggal 1 setiap bulannya, gaji sudah ditransfer ke rekening masing-masing. Namun karena perubahan OPD maka ada keterlambatan. “Dana dari DAU untuk gaji sudah siap, tinggal menunggu persiapan administratif saja,” ujarnya.

Administratif yang dimaksud di antaranya pembukaan rekening giro oleh bendahara sesuai perangkat daerah yang baru. Sementara disinggung mengenai tanggal pastinya pencairan gaji, belum dapat diperkirakan. Pasalnya, data mutasi harus sudah final.

Apalagi, Rabu (11/1) lalu masih ada pelantikan beberapa PNS yang datanya belum masuk ke pihaknya. “Semua pegawai harus sudah pada posisinya sesuai perangkat daerah yang baru, setelah itu baru bisa dicetak daftar gaji sebagai dasar mengajukan pencairan gaji,” terangnya. (mga)

BAGIKAN