Hari Ini, Mahasiswa Demo Di 19 Titik Seluruh Indonesia. Ini Tuntutannya…

119
Ilustrasi

Sikapi Kondisi Masyarakat

Hari ini mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demo. Sebanyak 19 titik yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi pusat demo, tak terkecuali di ibukota Jakarta.

Diperkirakan, akan ada sebanyak seribuan mahasiswa yang hari ini akan turun ke jalan melakukan unjuk rasa di Jakarta. Mereka menamakan aksi mereka hari ini sebagai aksi unjuk rasa bela rakyat 121.

“Betul akan ada aksi dari BEM SI di depan Istana Negara hari ini,” kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno, Kamis (12/1).

Dalam aksi mereka hari ini, ada lima tuntutan yang akan mereka sampaikan ke pemerintah, yaitu:

1.Menolak dengan tegas PP No.60 Tahun 2016 dan menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) untuk mencabut PP tersebut.

2.Menuntut Presiden Jokowi-JK untuk membuat kebijakan yang pro terhadap rakyat.

3.Mengecam keras pemerintah dan jajarannya yang saling cuci tangan dengan kebijakan yang dibuatnya.

4.Menuntut pemerintah untuk transparansi dan sosialisasi dalam setiap menentukan suatu kebijakan.

5.Menolak kenaikan tarif listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900 VA.

Mereka yang akan melakukan aksi di depan Istana Negara hari ini merupakan massa yang tergabung dalam BEM Se-Jabodetabek. Sebelum menggelar aksi di depan Istana Negara, mereka akan terlebih dahulu berkumpul di titik kumpul mereka di kawasan Patung Kuda Indosat.

Dari data yang berhasil dihimpun, aksi 121 yang mereka lakukan hari ini merupakan bentuk kekecewaan dari para mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI akibat kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Pasalnya di awal tahun ini terjadi kenaikan berbagai macam bahan kebutuhan pokok. Seperti kenaikan harga cabai dan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dirasa sangat membebani kehidupan masyarakat luas. (elf/JPG)

1
2
BAGIKAN