Terapkan Pembelajaran Biologi, Siswa Kelas IX SMPN 8 Praktik Budidaya Ikan Lele

73
PRAKTIK: Tampak siswa-siswi kelas IX SMPN 8 Bontang melakukan pembudidayaan ikan lele sebagai salah satu tugas mata pelajaran biologi.(BAMBANG/BONTANG POST)

 

BONTANG – Tak hanya teori namun juga praktik. Siswa siswi SMPN 8 mempraktikkan pembelajaran biologi di luar kelas. Dengan membudidayakan ikan lele di dalam kolam terpal.

Budidaya ikan lele ini menjadi salah satu ‘proyek’ wajib bagi kelas IX dimana dalam pelaksanaannya, para siswa-siswi juga bekerjasama dengan masyarakat sekitar yang notabene memiliki keahlian di bidang itu.

“Setelah kami berikan teorinya di kelas, kami minta para siswa untuk belajar langsung dengan ahlinya. Kebetulan di masyarakat sekitar sekolah kami ada yang menekuni usaha lele ini. Kami titipkanlah mereka untuk belajar disana,” ujar Sukarsih, Kepala SMPN 8 Bontang.

Mantan guru SMKN 1 dan SMPN 3 itu menilai, dengan adanya praktek nyata seperti ini, para siswa secara tidak langsung dapat belajar dan menambah pengetahuan tentang proses bagaimana budidaya ikan lele. Mulai pembuatan kolam, proses pembudidayaan produksi ikan lele, pemberian pakan, pengontrolan terhadap kebersihan kolam, hingga sampai ke tahap panen.

“Belajar tidak harus di kelas terus. Ada kalanya juga bisa belajar di outdoor. Dengan praktik nyata seperti ini, pembelajaran akan lebih mudah diterima oleh siswa,” terang Kepsek merangkap guru Biologi tersebut.

Selain membantu dalam mata pelajaran Biologi, Sukarsih juga menilai dengan adanya praktik ini, sekaligus mengajarkan ilmu kewirausahaan  kepada anak didiknya. Sehingga ke depan, para anak didiknya tersebut juga memiliki jiwa Enterpreneur.

“Kalau sudah panen, tentu usaha lele akan dijual dan mendapatkan hasil. Dari hasil inilah, nantinya anak-anak juga akan belajar tentang mencari penghasilan tambahan dengan cara berwirausaha,” jelasnya.

Sukarsih berharap, kedepan pembelajaran berbasis praktik seperti ini bisa terus dikembangkan. Agar siswa-siswi SMPN 8 bisa terus mengembangkan dirinya menjadi pelajar-pelajar yang cerdas dan berprestasi. (bbg)

1
2
BAGIKAN