Yuk, Jaga Lingkungan

87
Corner Kick 82: Guntur Marchista Sunan Redaktur Pelaksana Bontang Post

Selasa (10/1) hari ini diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Indonesia. Selamat merayakan!

***

Belum lekang dalam ingatan, pada 25 Juli 2016 lalu, Adipura Kirana berhasil dibawa ke Bontang oleh Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni. Penghargaan itu diberikan lantaran Bontang sebagai kota sedang, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui lingkungan hidup, wisata, dan perdagangan.

Nah, selepas itu, Neni menyampaikan harapan besarnya di tahun 2017. Ketua DPD II Golkar Bontang itu mengajak masyarakat untuk tidak termakan euforia. Ada target besar yang harus dilalui tahun ini, yakni memboyong Adipura Paripurna ke Kota Taman.

Bagi seluruh masyarakat kabupaten/kota di Indonesia, Adipura Paripurna begitu penting. Pasalnya, penghargaan itu merupakan yang tertinggi. Untuk mendapatlan Adipura Paripurna, harus bisa meraih dua penghargaan, yakni Adipura Kirana dan Adipura Buana. Penghargaan terakhir diberikan kepada kota yang layak huni, bersih, dan teduh.

Nah, harapan wali kota itu tentu saja menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama seluruh masyarakat. Tidak hanya menjadi tugas pemerintah lewat pasukan kuning. Semuanya harus terlibat. Mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, rukun tetangga (RT), hingga seluruh kota.

Selama ini, wali kota kita sudah banyak memberikan contoh. Yang paling simpel dan bisa dilakukan semua orang adalah bersih-bersih lingkungan. Mulai dari membersihkan jalan, parit, hingga lingkungan RT.

Sejatinya, membersihkan lingkungan bukan hanya sekadar mengejar Adipura saja. Melainkan untuk menghindarkan diri dari penyakit, bau, dan kuman-kuman berbahaya. Selain itu juga untuk mempercantik lingkungan kita. Apalagi dilakukan dengan gratis.

“Kebiasaan” bersih-bersih Neni sudah dicontoh oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lewat program Jumat Bersih. Seluruh pejabat dan pegawai turun ke jalan. Menggelar aksi bersih-bersih bersama. Perlahan tapi pasti, masyarakat pun mulai bergabung.

1
2
BAGIKAN