Harus Disimak!! Tips Agar Tidur Lebih Mudah

39
Ilustrasi

Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Anda merasa segar keesokan harinya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan tidur berkaitan dengan menurunnya daya berpikir dan memproses informasi.

Kekurangan tidur juga terkait erat dengan kejadian kecelakaan kerja. Dan jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur bisa meningkatnya risiko serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

Berikut beberapa tips agar tidur Anda lebih mudah, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (8/1).

1. Posisi tidur yang tepat.

Ternyata tidak semua posisi tidur diciptakan sama. Posisi netral dan ideal adalah posisi telentang karena ini menempatkan tulang belakang dalam posisi terbaik. Posisi ini memudahkan Anda bernafas.
2. Pilih kasur.

Jika bangun dengan badan kaku setiap pagi, kasur Anda mungkin pelakunya. Tidak ada salahnya Anda mengganti kasur setiap delapan tahun sekali serta memutar dan membalikkannya setiap enam bulan sekali.

3. Pilih bantal yang benar.

Tidur dengan posisi kepala lebih rendah dari leher Anda sehingga kepala dan leher benar-benar relaks. Menggunakan beberapa bantal akan mengangkat leher Anda ke sudut stres. Bila mungkin pilih bantal air.

4. Perhatikan diet Anda.

Makanan pro-inflamasi seperti gula putih, tepung putih, permen dan kue bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh Anda. Bahkan sayuran tertentu seperti nightshades (tomat, terung dan lain-lainnya) bisa memiliki efek ini.(fny/chi/jpnn)

BAGIKAN