Ahmad Amins Gagal Ginjal sejak Lahir

409

Setelah berjuang dari penyakit gagal ginjal yang bersarang di tubuhnya, mantan Wali Kota Samarinda Achmad Amins akhirnya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Medika Jakarta, Senin (09/01/2017) pukul 17.10.

Baca Juga: INNALILLAHI… BERITA DUKA!! ACHMAD AMINS MENINGGAL DUNIA

Berita duka meninggalnya Achmad Amins disampaikan sejumlah kerabat dan koleganya melalui akun-akun facebook. Beberapa jam yang lalu, kolegnya, Yunus Nusi dalam akun facebook miliknya menuliskan kabar duka tersebut. “Innalilahi wa’innalihirajiun. Telah meninggal dunia ayahanda H Ahmad Amins, Senin 9 Januari jam 17.10 di Jakarta. Insyaallah khusnul khotimah,” tulis akun Yunus Nusi, salah satu anggota eksekutif PSSI.

Demikian pula dituliskan dalam akun facebook resmi milik Kabag Humas dan Protokol Pemkot Samarinda Masrullah. “Innalillah Wainna Illaihi Rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah ayahanda kita tercinta DR.H.Achmad Amins, MM. Semoga almarhum khusnul khotimah dan keluarga yg ditinggalkan tabah. Aamiin,” tulisnya.

Untuk diketahui, almarhum Achmad Amins lebih dari setahun terakhir berjuang dari penyakitnya . Sejak lahir Achmad Amins hanya ditopang satu ginjal. Diagnosis Rumah Sakit (RS) Mount Elizabeth, Singapura juga mengejutkan keluarga. Padahal sebagai anggota DPR RI, aktivitas padat harus dijalani Amins sejak dilantik September 2014.

Dalam agenda menemui konstituen di Kaltim, Januari 2015, ia dilarikan ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS). Kala itu, dokter mendiagnosis tekanan darah tinggi lantaran kelelahan. Mantan Wali Kota Samarinda dua periode (2000–2010) itu harus istirahat total.

Hingga saat itu, tak seorang pun tahu bila penyakit gagal ginjal sudah bersarang di tubuhnya. Keluarga hanya tahu Amins memiliki riwayat penyakit jantung sejak tahun 2000-an. Tak lama keluar dari RSUD AWS, keluarga memutuskan agar Amins memeriksakan kesehatan keseluruhan ke RS Mount Elizabeth.