Bahaya!! Ini Dia Lima Penyakit tanpa Gejala

146
Ilustrasi

Beberapa penyakit umumnya memiliki beberapa gejala yang timbul ketika menyerang tubuh kita. Apakah mungkin ada suatu penyakit tanpa gejala?

Memang ada beberapa penyakit yang tidak memunculkan gejalanya apalagi jika itu masih memasuki stadium awal. Bahkan ketika gejala mulai muncul, itu sudah masuk dalam kondisi yang parah atau sudah memasuki stadium lanjut.

Berikut ini adalah daftar penyakit tanpa gejala yang perlu diwasapadai, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (5/1).

Ilustrasi

1. Tekanan darah tinggi

Hampir setengah dari penderita tekanan darah tinggi tidak tahu bahwa mereka terkena penyakit itu, menurut sebuah penelitian di Kanada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.

Jika Anda mengabaikannya dalam waktu lama, bisa saja kemudian tiba-tiba Anda mengalami serangan jantung atau stroke atau berkembang ke penyakit lain, seperti penyakit ginjal.

Lindungi diri Anda: Lakukan pemeriksaan tekanan darah setahun sekali, bahkan jika Anda tidak memiliki faktor risiko.

Ilustrasi

2. Sleep apnea

Tidak, sleep apnea bukan hanya untuk orang-orang yang kelebihan berat badan. Hingga setengah dari semua perempuan antara usia 20-70 tahun menderita apnea tidur obstruktif, menurut sebuah studi di Swedia tahun 2012.

Kondisi dimana Anda mengalami jeda dalam bernapas saat Anda tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Wanita jauh lebih mungkin didiagnosis dengan apnea tidur dan itu biasanya karena gejala mereka jauh lebih halus. Daripada mendengkur dan kantuk ekstrim pada siang hari, mereka mengalami sakit kepala di pagi hari, gangguan mood dan kelelahan.

Lindungi diri Anda: Temui dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda di atas. Anda mungkin perlu rujukan ke spesialis kedokteran tidur yang akan meminta Anda melakukan penelitian tidur di mana Anda terhubung ke peralatan yang memonitor detak jantung Anda, pola bernapas dan kadar oksigen dalam darah.

1
2
3
BAGIKAN

Komentar