Harga BBM Naik, Klaim Tak Ada Keluhan, Stok BBM Aman 

173
Ilustrasi

 

BONTANG – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah mulai naik sejak tanggal 5 Januari 2017 tepat pukul 05.00 Wita. Kenaikannya berkisar sekira Rp 300 setiap liternya. Sejauh ini, di SPBU Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Kilometer 6 tak ada keluhan atau komplenan dari pelanggan. Pun stok BBM yang terbilang aman.

Kepala Unit SPBU Kopkat PKT, Surianto mengatakan sejak tanggal 5 Januari memang harga BBM sudah naik. Mulai dari Pertamax yang awalnya Rp 7.750 menjadi Rp 8.050 per liternya. Pertalite yang sebelumnya Rp 7.250 menjadi Rp 7.550. “Kenaikannya hampir sama rata semua yakni Rp 300,” jelasnya, Sabtu (7/1) kemarin.

Terkait kenaikan BBM yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk Bontang, Surianto mengaku tak mendapat keluhan dari pelanggan. “Selama ini masih aman terkendali,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Bontang Post, stok BBM di SPBU Kopkar PKT terbilang aman. Pasalnya, semua jenis BBM tersedia dan tak ada yang stoknya kosong. Begitupun pembeli yang tidak begitu ramai, seperti beberapa minggu lalu, akibat stok Premium yang sempat beberapa hari kosong.

Salah satu masyarakat Bontang, Iwan yang juga pemilik Iwan Travel mengaku kenaikan BBM tak menjadi persoalan baginya. Pun, tak terlalu berpengaruh pada bisnisnya di bidang jasa travel. “Pengaruhnya tidak terlalu signifikan, meskipun kenaikan mencapai Rp 300 per liternya, bisnis travel pun tetap berjalan lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, kenaikan harga BBM nonsubsidi dipicu oleh naiknya harga minyak mentah dunia. Ada yang tak terpengaruh dengan naiknya harga BBM per 5 Januari 2017 ini, namun ada juga yang keberatan dan beralih ke BBM nonsubsidi jenis premium yang jauh lebih murah. (mga)

Jenis BBM                      Harga Baru                                          Sebelumnya
Pertamax                               8.050                                                     7.750
Pertalite                                 7.550                                                     7.250
Pertamina Dex                      9.400                                                     –
Dexlite                                   7.350                                                     7.050
Solar Keekonomian              7.350
Harga Dasar Mitan NPSO    7.200
1
2
BAGIKAN