Kakak-Adik dari Kota Taman, Jadi Pilot Perempuan 

14675
Nindya Elya Pranedya – Tyas Idealistyana (Dok. Pribadi )

 

 

Kisah Inspiratif Warga Bontang: Tyas Idealistyana-Nindya Elya Pranedya (127)

Seorang laki-laki menjadi pilot mungkin hal biasa. Namun, perempuan yang menjadi pilot adalah hal yang menakjubkan. Bontang ternyata juga mempunyai pilot perempuan. Tak hanya satu, namun dua orang. Uniknya, mereka berdua adalah kakak beradik saudara kandung.

Muhammad Zulfikar Akbar, Bontang

TAK pernah terbersit dalam bayangan Susilo Kasno maupun Retno Sulistyani, orangtua dari Tyas Idealistyana dan Nindya Elya Pranedya. Dua dara asal Kota Taman itu kini menjadi pilot salah satu maskapai nasional. Melalui kedua orangtuanya, Tyas dan Nindya mau bercerita kepada Bontang Post.

Ayah mereka, Susilo Kasno mengungkap jika sebenarnya sejak dulu menginginkan punya anak yang menjadi pilot. Itu pun karena Susilo, saat masih bekerja di Badak LNG bekerja di bagian Air Traffic Control (ATC) Bandara Badak LNG kurang lebih sepuluh tahun. “Mungkin karena bawaan saya kerja di bandara, jadi ingin salah satu anak jadi pilot,” ungkap Susilo.

Namun, penantian untuk mendapatkan anak yang ingin menjadi pilot pun tak mudah. Anak pertamanya, Tyas sejak kecil tidak berminat dengan dunia penerbangan. Pun Susilo sebenarnya juga mengarahkan adik Tyas yang laki-laki, Aji Soeryo Poetro untuk menjadi pilot. Namun, ternyata yang lebih berminat untuk menjadi pilot adalah anak ketiganya, Nindya. “Waktu saya kerja dulu dia pernah minta dibuatkan kode bahasa penerbangan antara ATC dan pilot. Beberapa kali bahkan Nindya minta ikut kalau saja kerja,” ujarnya.

Meskipun sejak kecil sudah menunjukkan tanda-tanda ketertarikan terhadap dunia penerbangan, namun saat SMA dirinya sempat ingin menjadi psikolog. Susilo pun masih terus memberikan brosur-brosur seputar sekolah penerbangan. Ternyata, Nindya pun akhirnya tertarik dan melanjutkan studinya di sekolah penerbangan di Filipina usai lulus dari SMA. “Sekitar 16 bulan dia sekolah disana,” kata pensiunan Badak LNG ini.

1
2
3
BAGIKAN

Komentar