Ternyata, Gandum Turunkan Kolesterol

92
Ilustrasi Gandum

Kolesterol bisa dikategorikan menjadi dua, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik atau HDL justru sangat penting peranannya dalam tubuh terutama untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan juga memproduksi hormon-hormon seks.

Namun, yang wajib dihindari adalah kolesterol jahat atau LDL yang bisa menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang kemudian memicu timbulnya serangan jantung.

Pada dasarnya, kolesterol terdapat secara alami di dalam tubuh. Namun, tingkat kolesterol yang ada dalam tubuh juga bisa meningkat dengan asupan makanan yang dikonsumsi manusia.

Karena itu, salah satu kunci untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan membatasi sumber makanan yang kaya kolesterol masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, banyak mengonsumsi makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh juga bisa membantu.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menurunkan kadar kolesterol Anda, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (4/1).

1. Gandum.
Jika Anda mencari cara untuk menurunkan kolesterol, kuncinya mungkin hanya mengubah menu makan pagi Anda. Beralih ke sarapan yang mengandung dua porsi oat bisa menurunkan LDL ( kolesterol buruk) sebesar 5,3 persen hanya dalam 6 minggu.

Kunci untuk buster kolesterol ini adalah beta-glucan, zat dalam gandum yang menyerap LDL.

2. Red wine.

Para ilmuwan memberikan alasan lain untuk minum red wine. Ternyata buah anggur merah kaya akan serat tempranillo yang digunakan untuk membuat anggur merah seperti Rioja, mungkin sebenarnya secara signifikan bisa menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa ketika individu mengonsumsi suplemen anggur yang sama ditemukan dalam anggur merah, kadar LDL mereka menurun sebesar 9 persen.

1
2
3
BAGIKAN