Baru 13 Persen Sekolah Daftar UNBK

144
JAUH DARI TARGET: Siswa saat mengikuti pelaksanaan Unas. (IST)

JAKARTA – Rencana Kemendikbud memaksimalkan penggunaan komputer di sekolah untuk ujian nasional, dinilai harus realistis. Apalagi tanpa ada sekolah yang menumpang ke sekolah lain untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Pasalnya sampai sekarang, jumlah sekolah yang siap dan telah mendaftar jadi penyelenggaran UNBK belum seberapa.

Jika diakumulasi secara keseluruhan, sekolah yang sudah siap dan telah mendaftar jadi pelaksana UNBK ada 12.023 unit sekolah. Jumlah ini setara dengan 13 persen populasi sekolah penyelenggaran ujian nasional (unas) yang mencapai 97.645 unit sekolah. Tingkat kesiapan sekolah menjadi pelaksana UNBK di jenjang SMP/MTs paling minim. Dari total 60.063 unit, yang sudah mendaftar jadi pelaksana UNBK ada 3.216 unit (5,35 persen).

Tingkat kesiapan UNBK paling tinggi ada di kelompok SMK. Dari total 11.919 unit SMK pelaksana unas, yang sudah mendaftar UNBK ada 5.268 unit (44,19 persen). Sementara itu dari 25.663 unit SMA/MA penyelenggaran unas, yang sudah mendaftar jadi pelaksana UNBK ada 3.539 unit (13,79 persen).

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam mengatakan UNBK dilaksanakan dengan sistem resource sharing (berbagi sumber daya). Sehingga melihat kesiapan pelaksanaan UNBK tidak sebatas melihat jumlah sekolah yang telah siap dan mendaftar jadi pelaksana UNBK saja. Dia menjelaskan sekolah yang belum siap melaksanakan UNBK, dapat menumpang ke sekolah penyelenggaran UNBK terdekat.

Dengab sistem berbagi sumber daya itu, Nizam optimisi target UNBK semaksimal mungkin bisa terlaksana. Dia menegaskan yang menjadi fokus dalam UNBK itu adalah, siswanya terlayani ujian berbasis komputer. “Apalagi umumnya sekolah yang siap UNBK itu jumlah siswanya besar-besar,” tutur Nizam kemarin (5/1).

Guru besar fakultas teknik UGM Jogjakarta itu menuturkan, angka sekolah yang mendaftar UNBK masih berpotensi terus bergerak. Dia menjelaskan Kemendikbud akan menetapkan secara final jumlah sekolah yang jadi penyelenggara UNBK pada 15 Januari nanti. Sekaligus juga menetapkan sekolah mana akan menumpang UNBK di mana. “Nanti masing-masing provinsi akan menyampaikan ke daerah masing-masing,” jelasnya.

1
2
3
BAGIKAN