Blanko KTP-el Belum Datang, Daftar Antri Semakin Panjang

69
Eka Dedy Anshariddin (DOK/BONTANG POST)

 

BONTANG – Kepastian kabar kapan blanko KTP-el akan dikirim dari pusat, hingga kini belum diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang. Hal ini disampaikan Eka Dedy Anshariddin, Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil.

Kata Eka, sebelumnya pihaknya mendapat informasi jika proses lelang di pusat sempat mengalami penundaan, lantaran perusahaan yang mengajukan tidak ada yang lolos verifikasi, sehingga tidak ada pemenang lelang. Karena waktu sudah mepet di akhir tahun, maka pusat menundanya hingga ke awal tahun.

“Namun sampai saat ini kami juga masih belum mendapat kabar, sejauh mana proses lelangnya. Sehingga ketika ada masyarakat yang bertanya, kami juga tidak bisa memberikan kepastian,” ujarnya Rabu (4/1) kemarin.

Kata dia, semakin lama blanko KTP-el datang, maka dampaknya daftar antri pencetakan fisik KTP-el juga akan semakin bertambah banyak. Nantinya kata dia, bila blanko sudah datang, maka proses pencetakan bisa dilakukan setelah adanya pengajuan dari pemohon di meja loket. Hal ini berbeda dari sebelumnya yang berdasarkan nomor antrian.

“Kami telah evaluasi dari mekanisme sebelumnya. Justru kalau pakai sistem nomor antrian ini, ketika harusnya giliran pemiliknya mau dicetakkan, orang yang bersangkutan tidak ada ditempat atau sedang berada di luar kota, sementara warga lainnya yang ingin mencetak justru tidak bisa.” Terangnya.

Dirinya berharap, agar blanko yang dikirim ke Bontang nanti dapat sesuai dengan jumlah yang mereka ajukan. Hal ini agar warga yang sudah merekam dan mendapat kartu keterangan merekam dari diskucapil, semuanya dapat terakomodir untuk pencetakan fisiknya.

“Kalau jumlah yang dikirim tidak sesuai, terpaksa harus ada warga yang tidak bisa dicetakkan kartu KTP-el nya,” pungkasnya. (bbg)

1
2
BAGIKAN

Komentar