Sengketa Pilkades Masih Lanjut, BPMPD Fokus Kumpul Data dan Beri Jawaban

94
M. Erlyan Noor/Kaban BPMPD

SANGATTA – Meskipun Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sudah lama berlalu, namun permasalahan sengketa masih tetap berlanjut. Sebab, beberapa calon yang merasa dirugikan, masih mengusut permasalahan Pilkades tersebut. Hal ini dibenarkan Kepala Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur (Kutim) Muchammad Erlyan Noor. Dia menuturkan, jika saat ini masih ada calon yang mempermasalahkan Pilkades 20 Desember 2016 lalu.

“Dari 77 desa yang menggelar Pilakdes serentak, masih ada beberapa calon yang mempermasalahkan hasilnya. Keberatan masih berlanjut,” ujar Kaban Erlyan Noor.

Namun hingga saat ini, dari beberapa permasalahan yang ada, dirinya mengaku sudah  ada calon yang mulai menerima hasil Pilkades yang digelar dua pekan  lalu. Tinggal beberapa calon yang tetap bersikukuh untuk mengusut masalah dugaan kejanggalan tersebut. Untuk menetralkan hal itu, pihaknya mengaku sudah memberikan jawaban yang sesuai dengan perundang-undangan desa.

“Kita sadari, pasti ada yang kecewa, ada yang tidak terima dengan hasil tersebut. Makanya, semua permasalahan yang ada, kita jelaskan sesuai dengan aturan. Kita jelaskan semuanya. “katanya.

Tidak hanya sekedar menjelaskan, pihaknya juga mengumpulkan semua laporan dan mencari data dan fakta dilapangan. Terlebih, permasalahan tersebut terbilang serius. Hal ini dimaksud untuk memberikan pelayanan kepada pelapor terkait laporan yang dilayangkan. “Kita akan kumpulkan bahan mereka. Bupati juga memerintahkan panitia untuk menelusuri permasalahan ini. Jadi tetap kita gali dan selidiki,”katanya.

Dibalik itu, dirinya juga meminta kepada calon yang keberatan untuk dapat menerima semua hasil yang ada jika sudah sesuai dengan aturan. Terlebih, dalam pemilihan ini, sudah dilalui dari awal hingga akhir. ” Jadi kita harap, jangan mau menang saja, tetap siap juga untuk kalah,” katanya.(dy)

1
2
BAGIKAN

Komentar