Perkenalkan Seni Relief dari Pameran ke Pameran

132
Joko Tri Sulistiyoko(LUKMAN/BONTANG POST)

Berasal dari kampung yang dikenal sebagai industri seni relief membuat Joko Tri Sulistiyoko remaja memutuskan untuk turut menggelutinya.Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun, pria yang akrab dipanggil Ajo ini sekarang punya misi memperkenalkan seni relief pada masyarakat Kota Taman.

LUKMAN MAULANA, Bontang

Ajo mulai mempelajari seni relief di tahun 2000, kala itu dia bergabung dengan sanggar Condrodimuko di kampungnya, Ambarawa, Semarang. Di sanalah dia menempa diri dan berguru kepada para ahli seni relief yang perlahan mengasah kemampuannya dalam seni dengan gambar timbul ini. Relief kaligrafi menjadi jenis karya yang paling dikuasai dan paling banyak dikerjakannya.

“Seni relief yang saya kerjakan meliputi kaligrafi timbul dan lukisan timbul. Tapi yang lebih sering saya kerjakan seni kaligrafi. Mungkin bisa dibilang bagian dari syiar agama,” katanya kepada Bontang Post.

Sebagai seniman relief, Ajo kerap mengikuti berbagai pameran. Termasuk pameran-pameran yang digelar di Kaltim. Namun kala itu belum terbersit di benaknya untuk berkarya di benua Etam. Baru ketika dia melihat data penjualan seni relief di Kaltim yang terbilang tinggi, mulailah muncul keinginan untuk pindah. Dengan lingkungan yang dinilai bersahabat, Bontang menjadi destinasi Ajo bersama keluarganya.

“Tahun 2014 saya pindah ke Bontang. Saya lihat Bontang ini memiliki lingkup wilayah yang kecil, tapi daya belinya bagus. Selain itu di sini karakter masyarakatnya luar biasa dan ada peluang usaha seni relief,” terang Ajo.

Di Bontang, anak ketiga dari empat bersaudara ini membuka galeri seni miliknya sendiri yang diberi nama “Ajo Art Gallery”. Selain menggarap seni relief kaligrafi dan lukisan, Ajo juga membuka jasa pembuatan pigura. Kata dia, jasa pembuatan pigura dibukanya untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat pesanan seni relief tidak datang setiap hari. Selain itu sebagaimana seni relief, belum banyak seniman di Bontang yang membuka usaha pembuatan pigura.

1
2
3
4
BAGIKAN