Fenomena Jin (hantu kuyang)

2976
Oleh: Maghfirudin Ali Achmad Praktisi Rukya Syar'i

 

Beberapa hari ini beredar kabar di medsos bahwa banyak bergentayangan bahaya hantu kuyang yang berkeliling mencari mangsa anak bayi baru lahir. Informasi ini beredar melalui postingan salah seorang warga di jejaring sosial facebook yang lantas menjadi viral. Postingan komentar yang ditulis akun bernama “Ichaarief Ichaarief” tersebut menjadi bahan pembicaraan setelah dipublikasikan di grup Bursa Barang Bontang, Kamis (29/12) kemarin.

Kemudian mulai bermunculan para penjual jimat penangkal jin hantu kuyang. Mari kita kaji dari pandangan Islam dan juga investigasi kami dari beberapa sumber.

  1. Apakah benar jin hantu kuyang bisa menghisap darah?
  2. Apakah jin bisa membunuh manusia?
  3. Bagaimana solusinya
  4. Apakah benar berita itu?

Ini jawabannya

  1. Apakah benar jin (hantu kuyang) bisa menghisap darah manusia ?

Tidak bisa, sesungguhnya jin itu tidak memiliki jasad seperti manusia. Untuk apa ia perlu darah segar yang mengalir dalam tubuh manusia, *makan mereka adalah bau.* Tapi jin bisa berjalan dalam peredaran darah manusia. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallollohu ‘alaihi wasallam :

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan berjalan dalam tubuh manusia di tempat peredaran darah“. (HR. Al Bukhari (6219) dan Muslim (2175) dari hadits Shafiyyah Radhiyallahu ‘anha).

  1. Apakah jin bisa membunuh manusia?

Ketika jin berubah wujud menjadi benda lain yang bisa terlihat manusia, jin memungkinkan untuk menyakiti atau bahkan membunuh manusia.

Abu Said al-Khudri menceritakan,

Bahwa dulu ada seorang pemuda yang baru menikah. Ketika peristiwa Khandaq, siang hari, dia meminta izin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk pulang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengizinkannya dan berpesan agar dia membawa senjata, karena khawatir akan dibunuh orang Yahudi Quraidzah.

1
2
3
4
5
BAGIKAN