Banyak Beri Pelatihan Bakery, Ingin Tularkan Ilmu pada Masyarakat

99
ADITYA PUTRA(IST)

 

Belum lama tiba di Kota Taman, Aditya Putra Kusuma sudah banyak mendapat permintaan melatih pembuatan cake & bakery. Tapi siapa sangka pria asal Tasikmalaya ini sebelumnya tidak pernah berpikir akan menjadi seorang tenaga ahli di bidang kuliner.

LUKMAN MAULANA, Bontang

Menjadi polisi adalah cita-cita Putra selepas SMA. Namun apa daya, dia gagal dalam ujian masuk kepolisian. Harapannya masuk perguruan tinggi negeri pun pupus ketika gagal dalam seleksi masuk di salah satu kampus ternama di Jawa Timur. Walhasil, daripada menganggur, dia lantas mengikuti saran temannya untuk kuliah di jurusan perhotelan di BPLK Malang, Jawa Timur tahun 1998.

Padahal sebelumnya dia sama sekali tidak tahu tentang dunia perhotelan. Barulah di semester ketiga ketika mengikuti praktik kerja lapangan (PKL), dia mulai menemukan minatnya. Kala itu dia melihat bagian dalam hotel lebih jauh. Ketika melihat kompleksnya persiapan kuliner di hotel, timbul keinginannya untuk mengambil penjurusan food & beverages spesialisasi cake & bakery.

“Dari situ saya mulai tertarik pada pembuatan kue dan roti. Padahal sebelumnya saya tidak pernah memasak ataupun membuat kue,” kenangnya.

Berbekal keinginan yang kuat, perlahan Putra mulai memahami dan menguasai teknik-teknik pembuatan kue dan roti. Bahkan sebelum lulus, dia sudah diterima bekerja sebagai karyawan magang di hotel Kusuma Agrowisata Batu tahun 1999 sebagai koki. Empat tahun bekerja di sana, Putra lantas berpindah ke Hotel Miramas Surabaya di tahun 2003. Kemudian dipercaya menjadi chef de pastry di Cake Disney Selangor, Malaysia tahun 2006.

Usai habis kontrak di tahun 2006, Putra pulang kembali ke Malang dan membuka usaha cake & bakery yang diberinya nama Mimi Bakery. Di sinilah dia mulai menggeluti profesinya sebagai technical atau tenaga ahli di bidang cake & bakery. Yaitu profesi chef yang tidak terikat pada perusahaan, dengan pekerjaannya memberikan pelatihan-pelatihan pembuatan kue dan roti. “Jadi bila ada bakery yang memerlukan sharing atau bimbingan mengenai pembuatan kue dan roti, bisa meminta bantuan ke saya,” jelasnya.

1
2
3
4
BAGIKAN