Lestarikan Permainan Tradisional, Warga Lembah Ujung Menggelar Lomba Gasing

347
PERMAINAN TRADISIONAL : Warga Lembah ujung menggelar lomba gasing untuk mengisi malam tahun baru. (Ist)

 

BONTANG – Banyak cara mengisi kegiatan di malam tahun baru. Salah satunya bisa dengan melestarikan permainan tradisional adu gasing. Hal inilah yang dilakukan Komunitas Gasing Tradisional Lembah Ujung. Lomba yang dilaksanakan di lapangan voli wilayah lembah ujung, Kelurahan Berebas Tengah itu diikuti antusias oleh warga sekitar. Mulai dari anak-anak, ibu-ibu, hingga orang dewasa.

Koordinator pelaksana lomba Syarifuddin mengatakan, lomba yang digelar bekerjasama dengan Forum Komunikasi Putra-Putri Sulbar itu digelar sejak kamis (29/12) lalu. Puncaknya, yakni pada Sabtu (31/12) hingga sampai malam puncak pergantian tahun.

Adapun jenis lomba yang digelar yakni terdiri dua macam. Yakni lomba adu putar dan lomba adu lempar.

“Ini selain mengisi malam tahun baru, juga sekaligus ajang berkumpul dan bersilaturahmi antar warga yang ada di lembah ujung,” ujarnya Senin (2/10 kemarin.

Dari kedua lomba yang digelar, untuk kategori adu lempar diikuti oleh 52 peserta dewasa dan untuk kategori anak-anak diikuti 24 peserta. Sedangkan untuk lomba adu putar, diikuti peserta dari kalangan orang dewasa, anak-anak, perempuan, dan ibu-ibu.

“Yang kalangan orang dewasa dibagi menjadi dua kategori yakni kelas gasing ceper dan gasing biasa. Anak-anak juga kami bagi dua kategori. Untuk umur 4-12 tahun dan 13-16 tahun,” jelasnya.

Perlombaan ditutup dengan pembagian bagi para pemenang. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara santai seperti bakar-bakar jagung dan makan-makan. (bbg)

BAGIKAN