Rahim Ibu, Sekolah Pertamaku

81
Oleh : Suriyani Mansyur, Amd.Keb Bidan di RS PKT Bontang

 

”Ibu adalah sebuah sekolah,

Apabila dipersiapkan dengan baik,

Berarti mempersiapkan suatu bangsa dengan dasar yang baik”.

(Kata Bijak, Pendidikan Anak dalam Islam- Abdullah Nashih Ulwan)

Keluarga adalah secuil syurga yang dihadirkan Tuhan di dunia, kehidupan berkeluarga adalah sesuatu yang bersifat fitrah. Keluarga adalah miniatur masyarakat, merupakan inti bagi proses perkembangan masyarakat, juga perkembangan bangsa tentunya.

Rumah tangga yang terdiri dari anggota keluarga (Ayah, ibu, anak-anak, pembantu rumah tangga ataupun orang lain) yang tinggal bersama dalam bingkai rumah tangga, diharapkan menjadi pilar utama dalam proses pembangunan, penanaman nilai-nilai moral, membumikan nilai-nilai kemanusiaan dalam realitas kehidupan.

Ayah adalah pemimpin rumah tangga dan ibu adalah pengelolanya. Masing-masing mempunyai peranan penting dalam menyiapkan generasi yang baik. Menyiapkan diri jauh hari sebelum memasuki jenjang pernikahan, mempersiapkan fisik, mental dan spiritual sejak dini merupakan bekal untuk memasuki kehidupan yang sebenarnya. Dalam tulisan ini akan dibahas lebih mendalam tentang peran ibu sebagai pendidik pertama bagi anak-anaknya.

Dalam sebuah buku pendidikan anak, tertulis kata bijak yang tepat untuk menggambarkan peran ibu dalam meletakkan pondasi kebangsaan, yang berbunyi “Ibu adalah sebuah sekolah, apabila dipersiapkan dengan baik, berarti telah meletakkan dasar bangsa yang baik”.

Ada apa dengan ibu? Karena ibu yang mengandung, melahirkan, merawat dan mendidik anak-anaknya. Proses kehidupan manusia bermula dari rahim seorang ibu. Kondisi seorang ibu ketika hamil akan mempengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Fase kehidupan anak manusia bermula sejak proses konsepsi /kehamilan yang disebut alam rahim.

Alam rahim merupakan fase kehidupan manusia setelah alam ruh. Alam ini bisa juga disebut sebagai alam persiapan bagi manusia sebelum menjalani kehidupan dunia-nya. Setelah lahir ke dunia, manusia telah memasuki versi kehidupan lain yang bernama alam dunia.

1
2
3
BAGIKAN