Agenda Umat Selanjutnya: Menerapkan Seluruh Isi Al Quran

147
Penulis: Ust Syoifu Rifai HTI Bontang

Apakah kalian mengimani sebagian al-Kitab dan mengingkari sebagian lainnya? Tidak ada balasan bagi orang yang berbuat demikian di antara kalian melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia dan pada Hari Kiamat mereka akan dikembalikan pada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kalian perbuat (TQS al-Baqarah [2]: 85).

Ikhwani fiddin a’azzaniyallahu waiyyakum, Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya ketakwaan. Dengan begitu, kita akan semakin mampu berpegang teguh dengan agama-Nya. Sehingga kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat kelak.

Aksi Bela Islam (ABI) III yang diselenggarakan, Jumat 2 Desember 2016 masih menjadi perbincangan hingga kini. Aksi massa terbesar yang pernah diselenggarakan di negeri ini diperkirakan dihadiri hingga 7 juta orang. Jumlah ini sangat luar biasa!

Inilah potret negeri Muslim yang tidak rela Al-Quran dihina. Mereka semua bergerak mengorbankan segala yang mereka punya—harta, waktu, tenaga dan pikiran—untuk menunjukkan sikap pembelaan mereka terhadap kitab sucinya.

Aksi long march yang dilakukan oleh para santri dari Ciamis menuju Jakarta semakin menguatkan tekad pembelaan umat terhadap Al-Quran. Demi membela agama Allah SWT, mereka rela berjalan kaki menempuh jarak puluhan kilo meter. Aksi jalan kaki ini memicu ghirah perjuangan umat Islam di daerah lain. Akhirnya, aksi long march pun dilakukan dari berbagai penjuru Jakarta; dari Bogor, Depok dan daerah sekitarnya.

ABI III atau “Aksi 212” ini membuktikan bahwa keimananlah yang mempersatukan dan menggerakan umat.

Aksi 212 ini juga menunjukkan tentang pentingnya membangun opini umum di tengah-tengah umat. Opini umum (ra’yul-âm) adalah prasyarat bergeraknya umat. Dengan terbangunnya opini, muncul ‘kemarahan’ bersama terhadap situasi dan kondisi tertentu. Inilah yang terjadi dalam peristiwa penistaan agama oleh Ahok ini. Aksi 212 menunjukkan bahwa umat bisa bersatu dan bergerak membela kitab sucinya.

1
2
3
4
5
BAGIKAN