Film Anak Minim, Ini yang Dilakukan Mahasiswa…

263
Suasana pemutaran film anak di Sengkaling oleh mahasiswa ilmu komunikasi UMM. (Humas UMM for Bontang Post)

MINIMNYA film anak di tayangan televisi Indonesia mendorong Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ingin lebih banyak memproduksi dan mempromosikan film anak bagi khalayak. Salah satunya, melalui gelaran Pesta Film Anak, yang diadakan di Aula Bougenville, Taman Sengkaling UMM, Kamis (29/12).

Pada kegiatan ini, sebanyak 17 film anak karya mahasiswa Komunikasi UMM diputar dan disaksikan sejumlah kalangan masyarakat, terutama anak-anak dan orang tua. Dari rilis yang diterima Bontang Post, Pesta film anak ini merupakan salah satu tugas praktikum Audio Visual (AV) 1 mahasiswa Komunikasi UMM semester 5.

Novin Farid Setyo Wibowo selaku dosen pembimbing praktikum AV 1 menyatakan, televisi Indonesia masih belum mampu menghadirkan film anak yang berkualitas. Maksud dari ‘berkualitas’ ini, kata Novin, yaitu film yang benar-benar memberikan edukasi kepada anak tentang kehidupan.

Tayangan yang ada di televisi, lanjut Novin, kebanyakan sinetron yang melibatkan aktor anak tanpa ada nilai edukasi bagi anak itu sendiri. “Hampir tidak ada film atau tayangan yang benar-benar menargetkan anak sebagai penontonnya,” jelas dosen prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu.

1
2
BAGIKAN

Komentar