Assessment Rampung, Gerbong Mutasi Kutim Segera Bergulir 

76
Ilustrasi

SANGATTA – Proses assessment yang dilakukan terhadap Pejabat Esselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah berjalan. Hasilnya pun dipastikan akan diterima minggu ini. Dengan keluarnya hasil tersebut, dipastikan gerbong mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akan segera berjalan.

“Tesnya sudah dilaksanakan minggu lalu. Mungkin minggu ini sudah keluar,” ucap Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutim Irawansyah.

Menurut dia, hasil tersebut akan menjadi acuan dalam penempatan posisi seseorang dalam memangku jabatan esselon sesuai dengan beberapa kriteria yang disyaratkan dan harus dipenuhi.

Diantaranya karakteristik, kejiwaan, managerial termasuk kompetensi keilmuan seseorang. Karena itu dalam proses assessment kemarin, Pemerintah Kutim mendatangkan sejumlah tenaga ahli, salah satunya psikolog.

“Total ada 210 pejabat esselon III dan IV di lingkungan Pemkab Kutim yang ikut tes itu,” sebutnya.

Meskipun begitu, Irawansyah mengaku, pada proses assessment tersebut, tidak semua dilakukan kepada pejabat esselon III dan IV. Akan tetapi diprioritaskan bagi jabatan esselon III dan IV yang instansinya mengalami peleburan atau kewenangannya ditarik oleh provinsi. Sementara, pejabatnya tetap memilih bertahan di kabupaten.

Seperti Dinas Penyuluhan, Dinas Pendidikan, Badan Diklat, termasuk beberapa pejabat di lingkungan Dinas Kehutanan dan Dinas Pertambangan yang kewengannya kini telah diambil oleh pihak Provinsi Kaltim.

“Kita tunggu saja hasilnya. Setelah itu baru penyegaran,” tutup Irawansyah. (aj)

BAGIKAN