Pemain Top Tanpa Klub, Tunggu Nasib di Bursa Transfer Januari

261

Memiliki nama besar atau skill ciamik tidak menjamin seorang pemain bisa dengan gampangnya mendapatkan klub. Apalagi bila tidak bisa menunjukkan konsistensi, klub manapun pasti enggan untuk menggunakan jasanya.

Tercatat ada ratusan pemain sepak bola dari seluruh penjuru dunia yang berstatus tanpa klub. Kini, mereka sedang menanti nasib baik pada bursa transfer bulan depan. Nama-nama besar seperti Emmanuel Adebayor, Philippe Mexes, Maicon, Diego Poyet, Sulley Muntari, hingga Martin Caceres menjadi pemain yang masuk ke daftar tersebut.

Diego Poyet menjadi yang termuda di antara mereka. Mengawali karir di klub kasta ketiga Inggris Charlton Athletic, gelandang 21 tahun itu kemudian melesat dan diboyong West Ham United. Sayangnya, sejak meneken kontrak pada 8 Juli 2014, Poyet tampil mengecewakan. Namun, namanya sedikit terkerek berkat ayahnya yang saat itu merupakan manajer Sunderland, Gus Poyet.

Meskipun begitu, dua musim bersama The Irons, Poyet hanya tampil sebanyak tiga kali. Sepanjang waktu itu, dia dipinjamkan kepada klub kasta kedua Inggris, Huddersfield Town, Milton Keynes Dons dan Charlton (klub kasta ketiga Inggris).

Berstatus pemain pinjaman juga tidak serta merta membuat namanya bersinar. Terbukti, pemain kelahiran Spanyol itu lebih banyak mengisi bangku cadangan. Performa buruk tersebut tentu membuat Slaven Bilic enggan untuk menerjunkannya pada musim ini. Akibatnya, West Ham memutuskan untuk mengakhiri kontrak Poyet.

Nasib serupa juga dirasakan oleh Emmanuel Adebayor. Sejak berseragam Crystal Palace pada 26 Januari, pemain asal Togo itu tidak mampu mengerek posisi The Eagles yang kemudian membuat mereka berakhir di peringkat ke 15 klasemen Premier League. Hal tersebut lantas membuat Palace enggan memperpanjang durasi kontraknya yang berakhir pada 30 Juni.

1
2
3
BAGIKAN