Alfred Riedl, Dokumentasi Wawancara

38
ALFRED RIEDL

ALFRED Riedl punya kebiasaan unik. Pelatih timnas sepak bola Indonesia itu tidak pernah absen mendokumentasikan liputan media terhadap dirinya. Dengan bermodal kamera smartphone, Riedl meminta media officer timnas untuk mengabadikan kegiatan wartawan kala mewawancarainya.

’’Saya ingin punya kenang-kenangan dengan para wartawan di sini. Karena, kalau sudah tidak lagi tinggal di Indonesia, foto-foto itu bisa bercerita,’’ kata Riedl.

Mengapa yang didokumentasikan hanya aktivitas wawancara dengan media? Mantan pelatih timnas Vietnam itu mengangkat bahu. ’’Saya sendiri juga tidak tahu alasan sebenarnya,’’ ujar pria Austria berusia 67 tahun tersebut, lantas tersenyum. ’’Hmm, mungkin biar membantu ingatan saya saja tentang wartawan mana yang pernah wawancara saya,’’ tambahnya.

Untuk memaksimalkan dokumentasinya itu, Riedl memerintah ofisial timnas untuk mengambil foto dari segala sisi. Baik saat wawancara di lapangan maupun konferensi pers. ’’Ada juga yang dalam bentuk rekaman video. Dokumentasi saya lengkap,’’ kata Riedl. (ben/c15/ca/jpg)

BAGIKAN

Komentar