Lapas Bontang Klaim Tak Ada Pungutan Bulanan

138
Ilustrasi

Tarkait Kabar Pungutan Rp 500 Ribu Per Bulan

BONTANG – Lapas Kelas III Bontang mengklaim menegaskan tak pernah memungut biaya bulanan kepada tahanan. Hal tersebut berkaitan dengan adanya isu yang beredar di media sosial menyebutkan bahwa tahanan di Lapas Bontang dipungut biaya Rp 500 ribu per bulan.

Kepala Admisi dan Orientasi Lapas Kelas III Bontang, Agus Salim menyatakan tidak ada biaya bulanan di Lapas Bontang, apalagi, ditarik setiap bulan dari para tahanan.

“Kami tidak pernah memungut biaya apapun, karena makan memang sudah ditanggung sehari 3 kali,” jelas Agus saat ditemui, Senin (26/12) kemarin.

Menurutnya, jika ada keluarga yang mengeluh terkait hal itu mungkin tahanan tersebut meminta uang dengan mengatasnamakan Lapas Bontang. Sebab, bisa saja tahanan mempunyai utang ke Koperasi baik pembelian rokok atau kebutuhan pribadi tahanan seperti sabun dan lainnya. “Tetapi saat meminta uang ke keluarga mereka mengatasnamakan petugas Lapas, sehingga mereka beranggapan kami pihak Lapas yang memungut biaya. Padahal tidak sama sekali,” tegasnya lagi.

Dikatakan dia, dulu juga sempat ada kejadian keluhan keluarga seperti itu. Meminta uang ke keluarga, meminjam nomor rekening petugas Lapas. Keluarga datang ke Lapas dengan bukti setoran sambil menuduh petugas Lapas telah memeras.

Saat diklarifikasi, tahanan tersebut mengaku bahwa dirinya hanya meminjam rekening petugas dan petugas pun sudah memberikan uang yang ditrasfer dari keluarga tahanan. “Mereka (tahanan, Red.) di dalam Lapas juga punya kebutuhan, mungkin malu jika meminta untuk rokok akhirnya memakai nama petugas,” ujarnya.

Dalam hal itu, pihaknya tak tahu menahu para tahanan bisa menghubungi keluarga. Karena tidak ada yang boleh membawa handphone. Tetapi jika dirazia masih saja ditemukan handphone dari salah satu tahanan.

1
2
BAGIKAN

Komentar