Langgar Jam Malam, Subsidi Bisa Dicabut

69
Dasuki (Dok Bontang Post)

Disdik Akan Koordinasi dengan Sekolah

BONTANG – Mulai banyaknya pelajar yang tak mengindahkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 8 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar Pukul 19.00 wita hingga 21.00 wita ditanggapi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang. Kepala Disdik Dasuki menyebut akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk membicarakan hal ini. “Selasa (hari ini, Red.) akan koordinasi,” jelas Dasuki, Senin (26/12).

Dirinya menyebut, baik pelajar maupun orangtuanya tidak bisa menganggap remeh perwali tentang wajib belajar ini. Sebab, lanjut Dasuki akan ada sanksi yang akan diterima oleh pelajar yang terbukti melanggar aturan tersebut. “Subsidi BOS TK (Bantuan Operasional Sekolah Tuntas Berkualitas) bisa dicabut,” tegasnya.

Jika subsidi tersebut dicabut dari diri pelajar yang bersangkutan, maka orangtua siswa tersebut wajib membayar biaya sekolah anaknya. “Orangtuanya jadinya wajib bayar,” tambah Dasuki.

Satpol PP pun diminta menegakkan kembali perwali tentang wajib belajar sesuai tugasnya. Selain itu, Dasuki meminta baik pelajar dan orangtua menaati aturan tersebut. “Para pelajar hendaknya belajar di rumah dengan pengawasan dari orangtua,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni mengatakan, akan segera kordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik). “Saya akan minta Disdik, agar setiap sekolah wajib menempelkan aturan wajib belajar itu di masing-masing kelas. Agar dibaca anak murid,” kata Neni.

Sebab, kata Neni, terkadang aturan itu tidak sampai ke anak-anak. Sehingga, dengan ditempelkan aturan tersebut di dalam kelas, siswa jelas akan melihatnya dan diharapkan menaati aturan tersebut.

Tak hanya itu, banyaknya angkringan yang mulai menjamur membuat para pelajar ikut meramaikannya. Oleh karena itu, Neni menyebutkan peran orang tua, majelis taklim, serta para dai, isntansi terkait untuk melakukan pembinaan. “Satpol PP bisa lakukan sweeping di jam tersebut, tak hanya menertibkan, Satpol PP bisa juga sambil melakukan pembinaan,” pungkasnya.(zul)

1
2
BAGIKAN

Komentar