Warga Penasaran, Uang Baru Mirip Uang Monopoli 

81
Ilustrasi

SANGATTA – Sejak resmi diluncurkan, Senin (19/12) lalu, banyak masyarakat di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang penasaran dengan kehadiran uang emisi cetakan baru dari Bank Indonesia (BI) tersebut. Pasalnya, selain gambar yang baru, dan warna yang lebih dominan membuat uang tersebut disebut-sebut sangat mirip dengan uang dalam permainan monopoli.

Rasti (21) salah satunya. Warga Sangatta Utara mengaku, sangat penasaran dengan bentuk dan rupa uang baru tersebut. Sebab, sampai sejauh ini dirinya hanya bisa melihat penampakan uang baru tersebut melalui intrenet dan media sosial.

“Iya, kayak uang monopoli. Lucu-lucu uangnya. Makanya bikin kita penasaran sekali,” kata Rasti.

Dirinya mengaku ingin cepat mendapatkan uang baru tersebut. Sehingga, bisa berbagi dengan teman-teman dan orang tua di rumah. Selain berharap orang yang pertama kali mendapatkan uang baru, juga tentunya bisa disosialisasikan kepada orang terdekat. “Saya harap sih, selain orang bank, saya duluan yang dapat uang baru itu. Makanya saya akan mencoba mencari info mengenai keberadaan uang baru tersebut,” katanya.

Meskipun ada uang baru, dirinya berharap keberadaan uang lama tidak disingkirkan. Khususnya yang bergambar para pahlawan dan presiden ternama. Sebab, mereka semua merupakan para pejuang kemerdekaan yang tentunya tidak dapat dipisahkan dari masyarakat.

“Paling tidak yang dipertahankan ialah gambar pahlawan. Juga presiden Suekarno dan wakil Hatta. Karena dengan begitu, mereka terus kita ingat. Jadi sangat sayang, jika dihilangkan begitu saja,” ucapnya.

Hal senada juga dirasakan Arum (32) warga Sangatta Selatan. Dia mengaku penasaran dengan uang baru tersebut. Dari gambar yang didapatkannya, uang baru kali ini terlihat cerah dan mencolok. Bahkan, hampir semua mata uang dihiasi gambar tokoh pahlawan yang masih awam dilihatnya. Tidak seperti halnya uang lama, yang hanya bergambar burung, kebudayaan, gunung, rumah dan lainnya.

1
2
BAGIKAN