Pegawai Malas Jadi Sorotan

73
Catatan: Dhedy/Wartawan Radar Kutim

Belakangan ini, Kutai Timur (Kutim) terus dihebohkan oleh keberadaan oknum pegawai, bukan pengabdian ataupun prestasinya, namun kompetensi dan kemalasannya dalam bekerja. Baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) terlebih Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D). Namun yang paling disorot belakangan ini ialah kemalasan dalam bekerja.Seperti yang dikatakan Bupati Kutim, Ismunandar.

Pulang kampung hari Kamis, datang bekerja hari Selasa. Datang bekerja jam 10.00 wita pulang kerja jam 12.00 wita. Benar saja, dari hasil razia yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP, tidak sedikit  pegawai yang kedapatan bermalas-malasan dalam bekerja. Mulai dari keluyuran di pasar dan pusat keramaian, nongkrong di warung kopi dan main game di kantor pada saat jam kerja. Tentunya, hal ini semua terkuak dari keluhan dan laporan masyarakat.

Memuncaknya kemarahan Bupati dan Wakil Bupati, karena pegawai tersebut tak kunjung sadar. Beberapa kali diberikan nasehat, namun terus mengabaikan peringatan. Untuk mengambil sikap profesionalisme, maka pemerintah langsung membentuk kebijakan tepat dengan menggelar evaluasi dan kepantasan pegawai dalam bekerja.

Sedikitnya ada enam ribu lebih TK2D yang ikut dalam tes tersebut. Tes ini digelar dengan maksud, untuk menyeleksi TK2D yang benar-benar laik dalam bekerja. Jika dalam tes tersebut tidak lulus, maka bisa dipastikan, kontraknya akan diputus pada tahun 2017 pekan depan. Tetapi tes ini tampaknya menimbulkan masalah baru. Sebab, dari penelusuran Forum TK2D, sebelum tes digelar, TK2D Kutim mengalami kenaikan yang relatif signifikan dari data kongkrit sebelumnya. Data awal, hanya tercatat 5 ribu sekian saja, sedangkan saat ini sudah mencapai 6 ribu sekian.

Pengamatan Forum TK2D juga diaminkan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim. Menurut Zainuddin Aspan, dirinya cukup terkejut dengan data terbaru ini. Besar dugaan, bertambahnya TK2D lantaran adanya titipan oknum memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

1
2
3
BAGIKAN