Waduh… Penutupan Bandara Ahmad Yani Diperpanjang

89
Pesawat Wings Air yang tergelincir di Bandara Ahmad Yani, Semarang, masih dalam proses evakuasi hingga Senin (26/12) dini hari. (Antara Foto/Wira Suryantala)

Evakuasi pesawat Wings Air yang tergelincir di Bandara Ahmad Yani, Semarang, belum selesai dilakukan. Imbasnya, penutupan bandara diperpanjang hingga pukul 08.00 WIB.

“Bandara masih ditutup sampai dengan 01.00 UTS atau pukul 08.00 WIB,” kata Kepala Humas Kemenhub Bambang S Ervan saat dikonfirmasi Detikcom, Senin (26/12/) pagi.

Sebelumnya, diinformasikan sedianya bandara sudah kembali dibuka pukul 05.00 WIB, namun mundur ke pukul 08.00 WIB.

Dia menambahkan, pihak pengelola bandara bekerja sama dengan Basarnas, TNI, Airlines dan pihak terkait lainnya melaksanakan evakuasi terhadap badan pesawat yang masih berada di bahu runway.

Seharusnya, bandara sudah bisa dibuka pukul 00.00 WIB, namun urung karena evakuasi belum selesai. Penutupan ini membuat sejumlah penerbangan dari dan ke Semarang ditunda bahkan dibatalkan.

Sejumlah penerbangan dialihkan ke Solo dan Surabaya. Disediakan bus Damri untuk penumpang yang turun di Solo dan hendak ke Semarang.

“Ada yang di-divert (dialihkan) ke SUB (Surabaya). Bandara Adi Sumarmo (Solo) kita buka 24 jam untuk melayani pesawat ke SRG. Kita sediakan free Damri SOC-SRG,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi, Minggu (25/12) malam.

Pesawat Alami Kerusakan Ban

Pesawat Wings Air IW 1896 yang tergelincir di landasan Bandara Ahmad Yani, Minggu sore, mengalami kerusakan di ban sebelah kanan.

“Kerusakan yang ada ban sebelaah kanan atau landing gear sebelah kanan patah melipat. Pesawat ini harus kita angkat dengan forklift atau crane, kemudian dibawah diberikan bantalan,” kata General Manager Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko, di Bandara Ahmad Yani, Semarang.

“Setelah diberi bantalan dengan roda, pesawat ini kita tarik, tempatkan di area parkir yang tersedia menggunakan parkir Lanumad Ahmad Yani,” terangnya.

1
2
BAGIKAN