Guru Para Legenda Itu Telah Tiada

50
Miruts Yifter. (IST)

TORONTO-Salah satu legenda lari Ethiopia, Miruts Yifter menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 72 tahun Jumat kemarin (23/12) di Toronto, Kanada. Yifter tak lain adalah sosok penting yang menginspirasi para bintang lari Ethiopia. Termasuk bagi legenda marathon dunia Haile Gebrselassie.

Semasa hidup, Yifter pernah meraih dua medali emas di Olimpiade Moskow 1980. Dia meraihnya pada nomor 5.000 meter dan 10.000 meter. Yifter mendapatkan itu saat berusia 40 tahun.

Namun, meski merupakan atlet dengan nama besar di dunia internasional, hidupnya tidak selalu mulus di negeri sendiri. Yifter diketahui tidak begitu dihargai oleh pemerintah Ethiopia yang saat itu yang masih rezim militer.

Saat hanya meraih perunggu di Olimpiade Munchen 1972, di sempat dipenjara oleh pemerintah setempat. Alasannya hanya karena gagal meraih emas.

“Miruts adalah segalanya untukku dalam menjalani karier sebagai atlet,” ucap Haile dilansir New York Times. “Saat aku memulai lari, aku selalu ingin menjadi sepertinya. Dia alasan kenapa aku menjadi diriku saat ini dengan semua yang pernah kuraih,” tambah peraih dua emas Olimpiade dan juara sembilan ajang mayor marathon tersebut. (irr/JPG)

BAGIKAN

Komentar