Cerdas! India Rilis Aplikasi Pencari Toilet

57
Ilustrasi

NEW DELHI – Pemerintah India terus berusaha mengedukasi penduduknya agar buang air pada tempatnya. Negara yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Narendra Modi itu pun membangun ribuan toilet agar tidak ada lagi penduduk yang buang air besar (BAB) sembarangan. Namun, usaha tersebut belum cukup. Kini pemerintah India bekerja sama dengan Google untuk menciptakan aplikasi pencarian toilet umum.

”Ketika kalian mencari toilet umum di Google Maps di area layanan tersebut ada, kalian akan melihat daftar toilet umum yang dekat dengan kalian, termasuk di antaranya alamat masing-masing dan jam bukanya,” ujar Manajer Produk Google Maps India Sanket Gupta saat peluncuran aplikasi tersebut di Delhi Kamis (22/12).

Selain di Android dan iOs, aplikasi tersebut juga bisa dibuka di laptop. Pengguna cukup mengetik kata ”toilet” dalam bahasa Inggris maupun India, lalu Google Maps akan langsung menunjukkan titik-titik toilet umum terdekat. Google Maps juga akan memberikan keterangan toilet tersebut gratis atau berbayar, tingkat kebersihan, serta jenis toilet jongkok atau duduk.

Aplikasi pencarian toilet tersebut untuk sementara hanya bisa diakses di dua kota. Yaitu, Delhi dan Madhya Pradesh. Di Delhi saja, ada 5.100 toilet umum. Aplikasi tersebut adalah bagian dari usaha pemerintah untuk mengurangi jumlah penduduk yang buang air sembarangan. Baik buang air kecil maupun buang air besar (BAB).

Di negara yang terkenal akan film Bollywood-nya tersebut, tembok yang berbau pesing sudah menjadi hal biasa. Juga, di desa-desa, penduduk sudah biasa BAB di ruang terbuka seperti bawah pepohonan, ladang, maupun lapangan.

Penduduk India mencapai 1,2 miliar. Dari jumlah tersebut, lebih dari separonya tidak memiliki toilet di rumah. Di Delhi, lebih dari 5 juta penduduk terbiasa buang air sembarangan di area terbuka.

1
2
BAGIKAN

Komentar