Sudah Masuk Tahap Akhir, RPH Ditarget Beroperasi Tahun Depan

34
SUDAH TAHAP AKHIR: Renovasi RPH sudah memasuki tahap akhir. Rencananya Januari 2017 mendatang sudah bisa dioperasikan. (BAMBANG/BONTANG POST)

BONTANG – Progres renovasi Rumah Potong Hewan (RPH) kini sudah memasuki tahap akhir. Rencananya di tahun 2017 mendatang,  fasilitas pemerintah yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman itu sudah bisa dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

“Sudah tahap finishing. Januari targetnya sudah seratus persen,” ujar Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, dan Pertanian (DPKP), Aji Erlynawati Rabu (21/12) kemarin.

Kata dia, jika nanti benar-benar sudah rampung, maka pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum di launching. Ini untuk memastikan agar sebelum benar-benar beroperasi, fasilitas dan kelengkapan yang tersedia dapat beroperasi dengan baik sesuai yang diharapkan.

“Harapan kami pelayanan yang diberikan ke masyarakat nantinya juga semakin baik,” terangnya.

Sebelumnya, wanita yang akrap disapa Iin ini mengungkapkan, renovasi gedung RPH ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar tiga miliar. Selain renovasi RPH, dari Kementerian pusat juga memberikan suntikan dana untuk pembangunan pusat kesehatan hewan (Puskeswan), rumah jaga, laboratorium, serta pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Kata Iin, kontruksi bangunan beserta fasilitas di dalam RPH Bontang memang sudah waktunya untuk diperbaiki. Hal ini lantaran sudah berstatus  ‘barang’ lama. Dengan direnovasi,  Iin berharap, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi pemotongan hewan.

“Adanya laboratorium, rumah jaga, puskeswan, dan IPAL ini juga kami harapkan bisa jadi penunjang. Terutama dalam menghasilkan daging yang Aman, Utuh Sehat dan Halal (ASUH),” pungkasnya. (bbg)

 

sumber: http://bontang.prokal.co/read/news/9271-sudah-masuk-tahap-akhir-rph-ditarget-beroperasi-tahun-depan.html

BAGIKAN

Komentar