TNK Gelar Ekspose Menanam Mitra Taman Nasional Kutai 2016

50

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Bontangpost.id SANGKIMA – Taman Nasional Kutai (TNK), Selasa (20/12) kemarin mengadakan kegiatan Ekspose Menanam Mitra Taman Nasional Kutai di Objek Wisata Alam Sangkima. Acara ini diadakan, karena Desember merupakan Bulan Menanam Nasional. Di mana dilakukan penanaman secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan ini.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut, untuk menyampaikan kepada masyarakat  mengenai status kawasan TNK dan mengembalikan fungsi hutan. Serta sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan kegiatan gladi posko kebakaran. Harapannya, dengan kegiatan ini maka upaya pemulihan kawasan hutan dapat dilaksanakan, dan hutan kembali pada fungsi yang semestinya. Serta semua pihak dapat berpartisipasi dalam hal menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, di masa yang akan datang.

Acara tersebut dihadiri Bupati Kutai Timur (Kutim), Ismunandar yang diwakili  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim Ence Ahmad Rafiddin Rizal, Kepala Balai TNK Nur Patria Kurniawan, dan perwakilan dari perusahaan mitra TNK. Mitra TNK yang ikut mendukung adalah berberapa perusahaan yang berdomisli di Bontang maupun Kutim yaitu PT. Pupuk Kalimantan Timur, LNG Badak, PT. Indominco Mandiri, Kaltim Prima Coal, PAMA, Pertamina EP, PT. Kaltim Methanol Industri, dan PT.Surya Hutani Jaya.

Dalam sambutannya, Ence Ahmad Rafiddin Rizal mewakili Bupati Kutim mengatakan, sangat menghargai dan mengapresiasi dukungan dari perusahaan yang telah menjadi mitra TNK. Atas kontribusi mereka dalam memelihara, melindungi, mengkonservasi sekaligus juga memanfaatkan kawasan hutan TNK.

”Merupakan kewajiban kita semua sebagai masyarakat, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Saya harap para peserta dan undangan yang hadir hari ini, dapat menyebarkan apa yang telah didapatkan dalam hal pencegahan kebakaran hutan kepada orang orang yang ada di sekitar mereka. Ingat, lebih baik mencegah daripada memandamkan,” pungkasnya.

1
2
BAGIKAN

Komentar